Minggu, 13 Mei 2012

Kain perca

Saya punya langganan tukang jahit.Karena badan saya yang agak big,maka saya sering menjahitkan baju daripada beli jadi.Suatu hari ketika sedang ngambil jahitan,saya menunggu yang empunya pulang dari pasar,sambil duduk di ruang jahitnya,saya melihat sekarung sisa kain jahitan.iseng,saya tanyain sama mas-mas pegawainya,biasanya kain sisa itu dikemanakan.Masnya bilang kasih tukang loak atau di buang.Hm,sayang bener kalau dibuang,padahal bisa dibikin sesuatu yang bisa dipakai lagi.Begitu yang empunya datang,langsung saya minta sisa kain jahitan itu,tentunya nggak sekarung,sekantong kresek besarlah,lumayan hehe...
Mikir2 mau dibuat apaan,akhirnya dibikin ini deh...

* Taplak meja mungil *

Cara bikinnya gampang kok...pertama buat pola lingkaran sesuai yang diinginkan pada kain,kalau lingkarannya besar hasilnya juga besar,begitupun sebaliknya.Lalu gunting pola lingkaran tersebut.Kemudian sisi-sisi lingkarannya dijahit biasa pake tangan,lalu di kerut (ditarik) benangnya,sehingga didapat seperti pola koin.Kemudian dirangkai satu persatu,antara kerutan yang satu dengan yang lainnya di jahit.


* Boneka *






Cara bikinnya sama dengan taplak mungil.Untuk tangan dan kaki jumlahnya 10,untuk badan 20.Semua dirangkai jadi satu dengan benang,lalu dipasangkan tangan dan kaki ke badannya.Lalu dibuat kepalanya,serta topinya (topinya saya ambil dari bunga perca,posting sebelumnya)

1 komentar: